Saturday, November 25, 2006

Makan Pagi

Di pagi hari, menu utama yang biasa ditemui di Jogja adalah gudeg. Dengan mudah Anda akan menemukan mbok-mbok penjual gudeg di pinggir jalan saat pagi hari. Umumnya gudeg yang dijual adalah gudeg basah dengan ditemani satu gelas ten manis panas, akan memberi Anda energi untuk memulai aktivitas. Jalan Wijilan adalah satu daerah yang cukup terkenal deretan penjual gudeg saat pagi hari.

Menu lain yang enak untuk disantap pagi hari adalah soto. Entah itu soto ayam atau sapi, banyak sekali warung soto yang bertebaran di kota ini. Deretan nama-nama yang cukup dikenal adalah soto Kadipiro, soto Pak Marto, soto Pak Sholeh, soto Sawah. Selain warung soto, ada banyak penjual soto keliling menggunakan gerobag. Umumnya mereka ini melayani sarapan pagi mahasiswa yang hendak kuliah. Harga pun cukup murah, Rp 2.000,00 / mangkuk.

Kawasan yang cukup ramai saat pagi dimana banyak orang mencari sarapan adalah seputar kawasan Kranggan dan Jalan Herman Johannes. Di kawasan Kranggan ini, Anda bisa mendapatkan aneka makanan dari bubur ayam, lontong opor, gudeg, nasi kuning, asem koyor, atau masakan Indonesia lainnya. Sedangkan di jalan Herman Johannes, banyak pilihan warung soto yang ramai dipenuhi orang.

Di hari Minggu pagi, kawasan UGM dari Bunderan sampai Lembah akan dipenuhi orang Jogja yang berolahraga atau sekedar jalan-jalan cuci mata. Anda dapat menikmati suasana ini sambil sarapan, karena di kawasan ini selalu dipenuhi warung tenda yang menyediakan beragam makanan, dari bubur ayam, pecel pincuk, lontong opor, dll. Soal rasa makanan mungkin nomer dua, namun suasana kebersamaan di hari libur nampaknya menjadi nilai lebih.

Kalau Anda menginginkan panganan atau jajanan pasar di pagi hari, pasar Kranggan dan jalan Magelang adalah tempat yang tepat. Di dalam pasar Kranggan, aneka jajanan pasar dijual di tempat ini dari pagi sampai sore. Sedang di jalan Magelang, tepatnya di utara Borobudur Plaza, lebih merupakan pasar tiban di pagi hari. Hanya bertempat di trotoar, sejak subuh sampai kira-kira pukul 06.30, akan dipenuhi pedagang jajanan pasar.